Vonis Hakim PN Medan Bebaskan 2 Terdakwa Dapat Apresiasi, JPU Nantikan Sikap Pimpinan

Vonis bebas majelis hakim

topmetro.news – Vonis bebas majelis hakim PN Medan terhadap dua terdakwa pengeroyokan menewaskan korban Syahdilla Hasan Afandi, Rabu (24/3/212021), di Ruang Cakra 2, mendapat apresiasi dari tim penasihat hukum (PH) terdakwa dari Lembaga Bantuan Hukum Ikatan Pemuda Karya (LBH IPK).

Ketua tim PH kedua terdakwa, Dwi Nai Sinaga bersama Erwinsan Sinaga mengatakan, pertimbangan hukum majelis hakim bahwa terdakwa yang sudah dapat vonis dalam perkara yang sama, tidak bisa lagi menjalani pengadilan alias ‘nebis in idem’, sudah tepat dan memenuhi rasa keadilan bagi kedua terdakwa.

“Karena faktanya terdakwa Sunardi alias Gundok dan Syarwan Habibi telah menjalani hukuman pidana dalam perkara yang sama. Dan divonis oleh pengadilan yang sama pula. Bagaimana mungkin bisa diadili kembali dengan perkara pidana sama?” katanya seolah menginginkan jawaban dari awak media.

Di bagian lain Dwi berharap agar JPU dari Kejari Medan menjalankan perintah majelis hakim dengan ketua Abdul Kadir. Yaitu, untuk segera mengeluarkan kedua terdakwa dari rumah tahanan (rutan).

Secara terpisah, Humas PN Medan Immanuel Tarigan mengatakan, tidak memiliki kapasitas mengomentari putusan sesama hakim.

Namun dari perspektif hukumnya, putusan perkara yang dinyatakan ‘nebis in idem’, artinya perkara yang sama telah diperiksa dan diputus sebelumnya dan sudah berkekuatan hukum tetap.

Sikap Pimpinan

Secara terpisah Kasi Intel Kejari Medan ketika dapat pertanyaan tentang sikap penuntut umum atas vonis bebas tersebut, mengatakan masih menunggu sikap pimpinan. Yaitu, tentang akan berjalannya upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung (MA-RI).

Namun JPU Lamria Sianturi pada persidangan lalu berpendapat, bahwa unsur pengeroyokan menewaskan Syahdilla Hasan Afandi sebagaimana dakwaan kesatu, Pidana Pasal 170 Ayat (2) ke-3 KUHP, telah memenuhi unsur.

Sementara dari arena sidang, majelis hakim menyatakan, tidak sependapat dengan penuntut umum. Pertimbangan hukumnya, perkara tersebut merupakan ‘nebis in idem. JPU juga dapat perintah agar mengeluarkan kedua terdakwa dari rutan setelah pembacaan vonisnya.

‘Uber’ Hakim

Di Cakra 2 PN Medan beberapa pria kerabat korban yang tewas, Syahdilla Hasan Afandi kemungkinan kecewa dengan vonis bebas kedua terdakwa tersebut. Mereka pun berusaha ‘menguber’ majelis hakim dengan ketua Abdul Kadir itu.

Mereka berusaha menerobos barikade sejumlah satuan pengaman (satpam) yang berjaga-jaga di ruang sidang.

Atas kesigapan satuan pengaman (satpam) yang berjaga-jaga di Ruang Cakra 2, evakuasi majelis hakim dengan ketua, Abdul Kadir dan kedua anggota majelis hakimnya Mian Munthe dan Martua Sagala berhasil lewat pintu sebelah kanan meja panitera.

Sementara sejumlah personel kepolisian juga tampak berjaga-jaga di ruang tunggu pengadilan. Di mana ratusan massa dari keluarga maupun kerabat korban sedang tersulut emosi.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment